Kamis, 01 Juni 2017

,

Nikmatnya Lawan Ikan Dari NTT Pada Berbuka Puasa

Nikmatnya Lawan Ikan Dari NTT Pada Berbuka Puasa



BERITA HARIAN - Nusa Tenggara Timur memiliki banyak hidangan laut sebagai makanan khas. Pengolahannya yang berbeda-beda membuat hidangan laut NTT begitu memanjakan lidah. 

Salah satu hidangan ikan khas NTT adalah lawar ikan. Hidangan yang satu ini terbuat dari ikan teri yang direndam dalam perasan jeruk nipis. 

Olahan ikan teri ini bisa dicampur dengan cabai, kemangi, dan daun bawang agar memperkaya rasa. Di daerah pasangan Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur Esthon Foenay - Christian Rotok ini, lawar ikan dihidangkan bersama jagung bose, makanan khas NTT lainnya.

Lawar ikan disajikan dengan mentah. Tapi jangan khawatir, rasa amisnya akan hilang jika Anda mengolahnya dengan benar. 

Di bulan puasa ini, lawar ikan bisa menjadi menu spesial untuk berbuka puasa. Rasanya yang asam dan asin tentu memberikan keunikan sendiri saat dikecap lidah. 

Bagaimana cara membuatnya? 

Bahan: - 250 ikan teri segar - 5 Jeruk nipis - 6 siung bawang merah - 4 siung bawang putih - Cabai rawit sesuai selera - Daun kemangi - 1 daun bawang - 1 sdt garam secukupnya Cara memasak: 1. Peras jeruk nipis ke dalam satu wadah 2. Masukkan ikan teri yang telah dicuci bersih ke dalam perasan air jeruk 3. Diamkan sekira 20 menit agar ikan teri berwarna putih 5. Haluskan bawang merah, bawang putih, dan cabai 6. Masukkan bumbu tersebut ke dalam ikan teri yang masih direndam 7. Remas ikan teri agar menyatu dengan bumbu 8. Setelah ikan teri berubah warna dan bumbu meresap ke dalam daging ikan teri, lawar ikan sudah siap Anda sajikan untuk berbuka pausa.

0 komentar:

Posting Komentar

Top Ad 728x90