Sabtu, 03 Juni 2017

,

Nikmatnya Dalam Berbuka Puasa Bersama Rawon Balungan Khas Dari Surabaya

Nikmatnya Dalam Berbuka Puasa Bersama Rawon Balungan Khas Dari Surabaya



BERITA HARIAN - Beragam menu berbuka puasa di Bulan Ramdhan 1438 Hijriah. Apalagi di Kota Surabaya, beragam makanan dan minuman selalu tersedia. Bahkan, aneka makanan ini, sangat pas di kantong. 

Salah satunya yang layak dicoba adalah Rawon Balungan ‘Bu Kades’ di Jalan Jemursari, Surabaya. Rawon ini memang sangat rekomended untuk menu berbuka puasa. Selain kuahnya yang hitam pekat dan rasa rempahnya yang gurih membuat rawon ini tidak kalah lezat dengan ‘Rawon Setan’ yang terkenal di Surabaya. 

Vidya, pengelola rumah makan mengatakan, masakan rawon ini memang identik dengan kuah berwarna hitam. Hal ini karena bahan yang digunakan berasal dari buah kluwek. Kata Vidya, untuk membuat rawon ini tidaklah sulit. Beberapa bumbu-bumbunya banyak diperoleh dari nusantara yakni, bawang merah, bawang putih, ketumbar sangrai, kunyit, jahe, kemiri, merica, cabai merah segar, daun bawang, kunir, lengkuas, pangkal batang serai dan salam, biji kluwek, daun jeruk dan tentunya tulang serta daging sapi.

“Bumbu ini kemudian dicampur jadi satu dan dihaluskan. Setelah itu tumis diatas wajan hingga menegalaurkan bau harum,” kata Vidya. 

Untuk penyajiannya, lanjut Vidya, Rawon yang masih hangat ditaburi bawang goreng serta irisan daun bawang di atasnya. Selain itu, juga di sertahi telor asin dan touge sebagai penyempurna masakkan. Menurut Vidya, momentum Bulan Ramadhan ini memang banyak yang datang untuk buka puasa. “Kadang juga tidak tepat pas waktu Buka saja. Ada yang setelah sholat Tarawih juga datang untuk menyantap rawon balungan ini,” jelasnya. 

Vidya juga menjelaskan, mengkonsumsi rawon balungan ini sangat aman untuk kolestrol. Karena, rawon selalu identik dengan buah kluwek. Bahan utama untuk membuat rawon hingga kuahnya berwarna hitam. Kata Vidya, bumbu ini mengandung senyawa hipplipdemik dan hipotensip yang bisa berfungsi pengendalian lemak dan tekanan darah.

“Jadi menikmati rawon yang menggunakan bahan utama tulang daging sapi ini pun sehat dan aman karena kolesterol kita tetap terjaga,” jelasnya. 

Sementara itu, Rizky Maulida, salah satu penikmat rawon balungan ini mengaku, untuk mendapatkan rawon di Surabaya tidaklah sulit. Nah, rawon balungan ini tentunya menambah referensi soal kuliner rawon di Surabaya. Kuahnya yang hitam pekat dan rasa rempahnya yang gurih membuat rawon balungan ini semakin lezat. Apalagi ditambah tulang dan dagingnya yang empuk membuat lidah jadi terus ketagihan.

0 komentar:

Posting Komentar

Top Ad 728x90