Selasa, 02 Januari 2018

, , , ,

Pilgub Sumut, KPU Yang Minta Disdukcapil Untuk Tuntaskan Rekam E-KTP Warga

Pilgub Sumut, KPU Yang Minta Disdukcapil Untuk Tuntaskan Rekam E-KTP Warga



BERITA HARIAN - Ketua KPU Medan Herdensi Adnin berharap perekaman Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik atau e-KTP tuntas dilakukan Dinas Kependudukan dan juga Catatan Sipil Pemko Medan sebelum 18 Februari 2018 yang mendatang.

Berdasar info yang diperoleh, ada sekitar 200 ribu penduduk Kota Medan yang belum  saja merekam.

Sedangkan gelaran Pemilihan Gubernur dan juga Wakil Gubernur Sumut tinggal hitungan bulan.

"Kita sebenarnya sudah minta kepada Disdukcapil untuk yang akan bisa saja yang melakukan, perekamanan sebelum berakhirnya masa pemutakhiran data ini," kata Herdensi usai yang akan mengisi kegiatan sosialisasi yang di Jalan Cinta Karya, Kelurahan Sari Rejo, Medan, Minggu (31/12/2017).

Herdensi mengatakan, KPU Medan yang akan menggelar tahap Pencocokan dan Penelitian Data Pemilih Tetap Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut 2018-2023 pada 20 Januari sampai 18 Februari 2018 yang mendatang.

Sebelum masa itu yang berakhir, KPU Medan yang akan berharap berharap untuk yang dinas terkait dapat yang bisa saja yang menuntaskan persoalan ini.

Sebab, kata Herdensi, kepemilihan e-KTP yang akan merupakan syarat utama yang mesti dimiliki calon pemilih nantinya.

Pada Pilkada terakhir, kata Hardensi, ada sekitar 1,9 juta Daftar Pemilih yang Tetap yang didata KPU di Kota Medan.

Baca juga : Ronaldo Yang Akan Memberikan Isyarat Yang Kuat Soal Premier League

"Yang disebut pemilih itu salah satu syaratnya yang akan berdomisili di daerah pemilihan yang dibuktikan dengan KTP elektronik atau surat keterangan dari Disdukcapil," katanya.

Herdensi yang mengatakan, tingkat partisipasi warga Medan dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut pada 2013 lalu yang hanya sekitar 36 persen.

Angka ini yang terbilang rendah bila melihat target yang akan dipatok KPU yang sebesar 75 persen untuk pemilihan yang sama pada 2018 yang mendatang.

"Jadi ini memang tugas yang sangat cukup berat," kata Herdensi  yang mengakhiri.

0 komentar:

Posting Komentar

Top Ad 728x90