Selasa, 06 Maret 2018

, , ,

Terungkap, Lelang e-KTP Yang Diminat Menangkan Perusahaan Dari Keponakan Setya Novanto

Terungkap, Lelang e-KTP Yang Diminat Menangkan Perusahaan Dari Keponakan Setya Novanto



BERITA HARIAN - Ketua tim teknis dalam proyek pengadaan Kartu Tanda Penduduk yang berbasis elektronik (e-KTP), Husni Fahmi, pernah saja yang akan diminta untuk memenangkan PT Murakabi Sejahtera dalam proses lelang.

Saat itu, Direktur PT Murakabi yang akan merupakan Irvanto Hendra Pambudi, yang merupakan keponakan Setya Novanto.

Hal itu yang akan bisa saja yang akan dikatakan Husni Fahmi saat bersaksi di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Senin (5/3/2018).

"Waktu itu saya yang dipanggil ke dalam ruangan dan Pak Irman berharap PT Murakabi dimenangkan," ujar Fahmi kepada jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Menurut Fahmi, saat itu yang Direktur Jenderal Kependudukan dan juga Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri, Irman, meminta agar PT Murakabi dan Perum PNRI dan Konsorsium Astragraphia yang lebih diperhatikan.

Namun, menurut Fahmi, saat panitia lelang yang akan memeriksa dokumen teknis, PT Murakabi dinyatakan tidak akan bisa saja yang memenuhi syarat.

Dengan demikian, PT Murakabi tidak dapat yang dimenangkan. Fahmi yang kemudian melaporkan hasil pemeriksaan itu kepada Irman.

Namun, menurut Fahmi, saat itu yang Irman tidak saja yang akan memberikan respons. Dalam kasus e-KTP, pengusaha Andi Agustinus alias Andi Narogong secara sengaja membentuk tiga konsorsium untuk mengikuti lelang proyek pengadaan e-KTP.

Beberapa saksi dalam persidangan yang sebelumnya menjelaskan bahwa mendekati pengumuman pembukaan lelang, Andi dan sejumlah dan juga pengusaha yang berkumpul di Ruko Fatmawati, mengumpulkan 10 perusahaan yang akan bisa saja yang disiapkan menangani proyek e-KTP.

Baca juga : Wakil Ketua DPR Yang Akan Siapkan Berkas Untuk Laporkan Presiden PKS Sohibul Iman

Saat itu, mereka yang akan disebut sebagai Tim Fatmawati mempercepat pembuatan akta notaris konsorsium. Andi kemudian yang akan bisa saja yang membuat tiga konsorsium yakni, Konsorsium Percetakan Negara Republik Indonesia (PNRI), Konsorsium Astragraphia, dan Konsorsium Murakabi Sejahtera.

Menurut salah satu anggota Tim Fatmawati yang akan pernah bisa saja yang akan bersaksi di pengadilan, Jimmy Iskandar Tedjasusila alias Bobby, siapa pun konsorsium yang menang dalam proses lelang, semua perusahaan yang terlibat dalam Tim Fatmawati yang akan mendapat pekerjaan dalam proyek e-KTP.

0 komentar:

Posting Komentar

Top Ad 728x90