Senin, 08 Januari 2018

, , ,

Bulan Januari, Kereta Api Penumpang Medan-Belawan Yang Telah Beroperasi

Bulan Januari, Kereta Api Penumpang Medan-Belawan Yang Telah Beroperasi



BERITA HARIAN - Setelah kurang lebih 7 tahun yang tidak beroperasi, di tanggal 9 Januari mendatang Kereta Api (KA) penumpang Medan-Belawan yang akan dioperasikan kembali.

Vice President Divre I Sumatera Utara (Sumut), Pada saat yang ditemui di Stasiun Kereta Api Medan, mengatakan, KA penumpang Medan-Belawan yang akan ada setiap hari Selasa.

“Kenapa setiap hari Selasa karena yang disesuaikan dengan kedatangan kapal KM Kelud di Pelabuhan Belawan. Hal tersebut agar masyarakat penumpang KM Kelud yang tersebut lebih mudah untuk menuju yang ke Medan,” ujarnya, Minggu (7/1/2018).

Ia yang menerangkan, begitu juga yang sebaliknya, masyarakat dari Medan yang akan menuju Belawan lebih yang dimudahkan dengan adanya kereta api penumpang tersebut.

“Kereta api penumpang Medan-Belawan sudah kurang lebih 7 tahun yang tidak beroperasi. Selama ada kereta api yang setiap hari beroperasi, hanya saja itu adalah kereta api barang bukan penumpang,” terangnya.

Ia yang menjelaskan, akan lima kereta atau gerbong dengan masing-masing kereta kapasitas penumpangnya yang sebanyak 106 orang.

“Untuk harga hingga saat ini yang belum ditetapkan karena yang masih menunggu keputusan dari kantor kereta api pusat yang berada di Bandung,” jelasnya.

Ia menuturkan, PT KAI Divre I Sumut juga yang sudah melakukan ujicoba untuk kereta api penumpang Medan-Belawan ini dan yang tidak ada kendala sehingga kereta api yang sudah bisa beroperasi.

“Sudah yang akan dilakukan ujicoba dengan yang akan menggunakan dua kereta untuk melihat track atau jalurnya yang seperti apa. Lalu lingkungan yang akan di kiri dan kanan masih terlihat pepohonann yang telah saja yang akan mengenai kereta api,” tuturnya.

Ia yang akan mengungkapkan, langsung saja yang akan diperintahkan kepada jajaran jalan rel dan jembatan untuk pohon-pohon tersebut yang akan dipotong agar saat kereta api penumpang tersebut resmi yang beroperasi sudah tidak saja yang akan mengganggu lagi perjalanan kereta api.

Baca juga : Liverpool Yang Telah Melepas Coutinho Yang Ke Barcelona

“Tapi intinya jalur yang akan bisa saja yang dilalui kondisinya siap untuk yang akan dijalankan kereta api penumpang. Jalur sudah siap yang dipakai, hanya bedanya yang sementara digunakan untuk angkutan barang,” ungkapnya.

Ia mengatakan, kereta api barang dan juga kereta api penumpang yang memiliki perbedaan yaitu ada sedikit selisih yang lebar keretanya.

“Dan di Belawan mesti ada peron tinggi untuk naik turun penumpang dan juga yang di Stasiun Belawan sudah ada hanya saja belum pernah yang digunakan. Saat yang dicoba sudah yang sesuai dan sudah bisa saja yang digunakan,” katanya.

0 komentar:

Posting Komentar

Top Ad 728x90