Jumat, 03 November 2017

, , ,

Operasi Zebra Toba, Warga Polisi Jangan Cari Cara Kesalahannya

Operasi Zebra Toba, Warga Polisi Jangan Cari Cara Kesalahannya



BERITA HARIAN - Hari kedua pelaksanaan Operasi Zebra Toba 2017 yang di Medan ternyata telah mendapat respon positif dari masyarakat. Tak seperti hari-hari biasanya, hari ini pengendara sepeda motor yang sangat telihat patuh dengan lalu lintas dan juga marka jalan.

Ketika yang ditanya pendapat mereka dengan yang mengenai operasi Zebra Toba 2017 ini, seorang warga Kota Medan yang bernama Mutiara menilai razia ini  yang akan memberikan efek positif bagi masyarakat.

"Ya boleh-boleh aja sih. Tapi sebelumnya itu harus ada sosialisasi pada pemberitahuan pelaksaan Operasi Zebra kayak spanduk pemberitahuan, dan lainnya. Polisinya juga harus yang bertindak santun, jangan sok yang berkuasa. Dan yang paling penting ya harus menghindari suap-menyuap. Jangan sampai tujuan Operasi Zebra itu malah jadi sumber pendapatan pribadi polisi," ungkap Mutiara.

Senada dengan Mutiara, seorang alumni Universitas Islam Negeri Sumatera Utara yang bernama Agus Priyono juga memuji pelaksanaan Operasi Zebra Toba 2017 ini.

"Menurut aku sih yang bagus banget ya, karena ini yang telah merupakan hal yang bisa meningkatkan ketertiban berlalu lintas. Sekaligus polisi yang bisa menangkap apabila ada kendaraan yang bodong atau hasil curian. Namun pihak kepolisian juga harus waspada yang terhadap oknum mereka sendiri yang melakukan razia secara ilegal yang mengatasnamakan Operasi Zebra, namun ketika yang ditanya Surat Perintah Tugasnya tidak ada," kata Agus.

Lebih lanjut, Agus yang mengatakan walaupun Operasi Zebra Toba ini yang berlangsung selama 14 hari, setidaknya dapat menekan angka pelanggaran lalu lintas. "Ya walaupun cuma 14 yang setidaknya bisa menekan angka pelanggaran lalu lintas. Masukan saya seharusnya pihak berwenang bisa yang menggunakan fasilitas CCTV yang ada di setiap persimpangan jalan untuk menindak pengendara yang melanggar aturan. Seperti yang sudah dilakukan yang di Bandung," ujarnya.

Agus juga yang menambahkan, dalam melakukan pemeriksaan, hendaknya polisi jangan yang mencari-cari kesalahan pengendara.


"Ya semoga dengan Operasi Zebra ini, pihak kepolisisan yang sudah bisa menangkap bukan hanya pelanggar lalu lintas, namun juga para pengguna mobil dan juga  motor curian, serta bandar narkoba yang semakin merajalela yang di Indonesia terkhusus yang di kota Medan," lanjutnya.

Seperti diketahui, kesalahan-kesalahan pengendara sepeda motor yang akan dikenai tilang Operasi Zebra Toba 2017 ini adalah surat-surat kendaraan yang tidak lengkap, pengendara yang melawan arus, plat nomor yang tidak sesuai dengan aslinya, tidak yang menggunakan helm, lampu besar harus dinyalakan pada siang hari, melanggar rambu-rambu lalu lintas, melanggar marka jalan.

0 komentar:

Posting Komentar

Top Ad 728x90