Sabtu, 26 Agustus 2017

, ,

Lapas Tanjunggusta Wanita Klas lA Yang Telah Kelebihan Kapasitas

Lapas Tanjunggusta Wanita Klas lA Yang Telah Kelebihan Kapasitas



BERITA HARIAN - Demi mengurangi kelebihan kapasitas hunian  yang di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Wanita Klas IA Tanjunggusta Medan, Kanwil Kemenkumham Sumatera Utara yang membentuk Unit Pelayanan Terpadu (UPT) baru.

Kanwil Kemenkumham Sumut yang mendirikan Rumah Tahanan Negara (Rutan) Wanita Tanjunggusta Medan.

Sebab Lapas Wanita Klas IA Tanjunggusta Medan yang hanya berkapasitas 150 orang, namun penghuninya justru yang mencapai 700 orang lebih warga binaan yang di Lapas tersebut.

"Ini yang dilakukan sebagai bentuk hasil evaluasi kita dengan pak Kakanwil dengan mengurangi overkapasitas hunian yang di Lapas Wanita Klas IA Tanjunggusta," kata Kepala Divisi Pemasayarakatan (Kadiv Pas), Hermawan Yunianto, Jumat (25/8/2017).

Penghuni Lapas Wanita Klas IA Tanjunggusta Medan yang telah dipindahkan merupakan warga binaan yang berstatus tahanan.

"Pemindahannya yang berlangsung Senin (21/8/2017) kemarin dengan jumlah warga binaan yang telah dipindahkan dengan sebanyak 184 orang wanita yang berstatus tahanan," sebutnya.

Pendirian Rutan Wanita Tanjunggusta Medan yang telah merupakan Unit Pelayanan Terbaru (UPT) di bawah Kanwil Kemenkumham Sumut ternyata yang berada satu gedung dengan Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Klas IA Tanjunggusta Medan.

Hermawan yang mengatakan tempat yang dijadikan Rutan Wanita tersebut menggunakan satu blok sel di LPKA. Hal itu yang dilakukan karena di Medan belum ada tempat lain yang bisa digunakan untuk Rutan Wanita.

"Ini yang dilakukan demi perawatan dan pelayanan, dan juga sudah menjadi perintah Pak Menteri untuk dilakukan pemindahan tahanan ke tempat hunian yang memungkinkan untuk dipindahkan," ungkap Hermawan,

Blok itu yang diberikan pembatasan untuk menghindari yang terjadinya interaksi antara tahanan wanita dan tahanan anak.

"Ditempatkaan yang di satu blok kemudian yang dilakukan dengan penyekatan, jadinya tidak berhubungan dengan yang bukan penghuni rutan wanita," jelasnya.

Sedangkan untuk operasional, Hermawan yang menjelaskan tetap berada di satu tempat yaitu yang di Lapas Wanita Klas IA Tanjunggusta Medan.

0 komentar:

Posting Komentar

Top Ad 728x90