Sabtu, 29 September 2018

, , ,

Mendagri Minta Gubernur Sulteng Buat Surat Tanggap Darurat

Mendagri Minta Gubernur Sulteng Buat Surat Tanggap Darurat



BERITA HARIAN - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo yang mengirimkan surat kawat (telegram) kepada Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola. Tjahjo meminta Longki untuk membuat surat tanggap darurat yang setelah terjadinya gempa dan tsunami yang di Palu dan Donggala.

"Mendagri sudah yang akan bisa saja yang mengeluarkan surat kawat kepada Gubernur Sulteng, Bupati Donggala, dan Wali Kota Palu agar segera yang akan bisa saja yang mengeluarkan surat pernyataan tanggap darutat sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang ada," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho di kantornya, Jalan Pramuka, Matraman, Jaktim, Sabtu (29/9/2018).

Dia mengatakan dengan adanya surat pernyataan tanggap darurat, maka daerah yang dilanda bencana akan diberi kemudahan akses seperti pengerahan personel, penggunaan anggaran, penggunaan peralatan, dan lainnya.

Sutopo mengatakan BNPB akan terus mendampingi Sulteng untuk menetapkan pernyataan tanggap darurat. Setelah itu akan dibentuk struktur organisasi tanggap darurat serta melakukan dukungan logistik.

"Dengan adanya surat pernyataan tanggap darurat, kemudian nanti kita bentuk organsasi tanggap darurat," ucap Sutopo.

Pagi tadi, Tjahjo bersama Kepala BNPB Willem Rampangilei berangkat menuju Donggala, Sulawesi Tengah dari Bandara Sepinggan, Balikpapan, menggunakan helikopter.

Pada Jumat (28/9) sore, terjadi gempa bumi dengan magnitudo 7,4. Gempa tersebut memicu terjadinya gelombang tsunami di Palu. Tsunami terjadi dengan ketinggian muka air 0,5 sampai 1,5 meter.

Baca juga : Korban Meninggal Akibat Peristiwa Gempa Dan Tsunami Palu 384 Ditemukan Tewas

Sebelum terjadi gempa magnitudo 7,4, sempat terjadi gempa dengan magnitudo 6. Gempa itu menyebabkan satu orang tewas dan 10 orang mengalami luka.

Petugas dari Basarnas dan TNI juga sudah menuju ke lokasi yang terdampak gempa dan tsunami. Keberangkatan mereka sekaligus membawa bantuan bagi para korban.

0 komentar:

Posting Komentar

Top Ad 728x90