Minggu, 23 September 2018

, , ,

Hadiri Deklarasi Kampanye Pemilu Damai Para Caleg Komitmen Untuk Yang Hindari Hoaks

Hadiri Deklarasi Kampanye Pemilu Damai Para Caleg Komitmen Untuk Yang Hindari Hoaks



BERITA HARIAN - Deklarasi Kampanye Pemilu Damai yang akan diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum Provinsi Sumatera Utara dihadiri 16 partai politik peserta beserta jajarannya dan calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dan 18 orang anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD).

Ketua KPU Sunatera Utara, Mulia Banurea menjelaskan deklarasi tersebut seiring dengan program yang dijalankan KPU Pusat di Jakarta.

"Kita juga berikrar untuk yang akan mewujudkan pemilu yang langsung, umum, bebas, rahasia serta jujur dan adil. Melaksanakan kampanye yang aman, tertib, damai serta yang akanmenghindari tindakan yang berindikasi hoaks, politisasi SARA dan politik uang. Ketiga, yang akan melaksanakan kampanye sesuai dengan ketentuan dan UU yang berlaku,"katanya.

Baginya, bila yang ketiga poin kesepakatan kampanye damai yang akan dilaksanakan seluruh peserta pemilu, bisa saja yang akan dipastikan Pileg dan Pilpres di Sumut akan berjalan dengan baik.

Mulia juga yang akan  bisa saja yang menjelaskan masa kampanye peserta pemilu dimulai hari ini.

"Mengenai masa kampanye dimulai hari ini hingga tanggal 13 April 2019, tiga hari sebelum pemilu," ujarnya, Minggu (23/9/2018).

Dikatakannya, masa kampanye yang panjang untuk yang membuat peserta pemilu memiliki kesempatan berdialog dan terjun ke lapangan.

"Itu juga berguna untuk pendidikan politik masyarakat, lalu mereka bisa menentukan dengan benar pilihannya," katanya.

Pantauan tribun-medan.com, rangkaian acara dimulai dengan penandatanganan kesepakatan bersama tentang kampanye damai, pelepasan burung merpati secara simbolik, karnaval atau jalan santai yang dimulai dari Kantor KPU Sumut Jalan Perintis Kemerdekaan melewati Jalan H.M Yamin dan kembali lagi le Kantor KPU.

Hadir pada kesempatan itu, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah salah satunya Wakil Kapoldasu, Mardiyaz Kusin.

Sementara itu Caleg dari Partai Amanat Nasional, Cut Lindawati berharap dengan adanya deklarasi kampanye damai damai menciptakan suasana yang kondusif di Sumatera Utara.

"Tidak terjadi kampanye hitam, walaupun kita berbeda tetapi kita masih bersaudara dan mudah-mudahan banyak orang yang akan datang ke TPS," katanya.

Baca juga : PKS Yang Telah Laporkan Dana Awal Kampanye Rp 17 Miliar

Senada dengan Cut, Caleg Partai Berkarya Julia Nuraeni Tarigan juga berharap dengan adanya kampanye damai semua peserta pemilu dapat lebih matang berpolitik serta tidak menyebarkan berita hoaks yang dapat memecah belah.

 "Deklarasi ini mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk merayakan pemilu baik Pilpres, maupun Pileg dengan damai, tidak gontok-gontokan hanya karena berbeda pilihan. Pilihan boleh berbeda tapi kita tetap satu, damailah Indonesia," pungkasnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Top Ad 728x90