Selasa, 13 Juni 2017

,

Perlukan Anda Yang Membawa 2 Ban Cadangan Pada Saat Sedang Mudik?

Perlukan Anda Yang Membawa 2 Ban Cadangan Pada Saat Sedang Mudik?



BERITA HARIAN - Dalam waktu dekat sebagian masyarakat Indonesia akan melakukan mudik. Saat ini ada banyak alternatif transportasi yang bisa dimanfaatkan oleh calon pemudik, seperti bus, pesawat, hingga kapal laut. Namun banyak juga yang memilih menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil. 

Sebelum mobil digunakan untuk perjalanan jarak jauh pastikan dicek kondisinya, apakah laik jalan atau tidak. Selain memeriksa kendaraan, pemilik mobil juga harus menyiapkan perangkat-perangkat khusus sebagai antisipasi bila terjadi masalah pada mobil di jalan, salah satunya menyiapkan ban cadangan. Perlukah membawa ban cadangan lebih dari satu? 

"Kita lihat kondisi lalu lintasnya dulu yang akan dilalui seperti apa. Kalau banyak jalanan rusaknya ya kemungkinan kita perlu bawa dua ban cadangan. Kalau enggak, buat apa penuh-penuhin bagasi, satu sudah cukup," ujar Poedyo Santosa, instruktur senior Indonesia Road Safety (Irsa).

Poedyo mengingatkan, ban cadangan, terutama yang ukurannya lebih kecil dari ban utama, sifatnya hanya sementara. Penggunaannya tidak boleh lama. Ban itu hanya sebagai pengganti sampai ban utama selesai diperbaiki. 

"Hati-hati ban cadangan pada kendaraan yang ukurannya lebih kecil daripada ban yang dipakai, di situ ada aturan mainnnya dipakai maksimum sekian jauh. Tidak bisa disamakan dengan ban yang lainnya dan kalau bisa kan jangan dipakai," tambah Poedyo. 

Satu lagi yang harus dipersiapkan adalah pelajari cara mengganti ban mobil sendiri, karena percuma jika ada ban cadangan tapi tidak mengerti cara melepas dan memasangnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Top Ad 728x90