Selasa, 08 Agustus 2017

,

Nasi Ampog Makanan Utama Masyarakat Madura

Nasi Ampog Makanan Utama Masyarakat Madura 



BERITA HARIAN
- Pernah berkunjung ke Madura atau daerah di Jawa Timur lain kemudian disuguhi nasi jagung? Jangan heran, santapan ini memang makanan khas masyarakat Madura dan beberapa daerah di Jawa Timur lainnya.

Dikutip dari buku 80 Warisan Kuliner Nusantara yang disusun oleh Semidjati Purwadaria, Jumat (4/8/2017), nasi jagung dikenal juga dengan sebutan nasek ampog yang dalam bahasa Madura berarti nasi jagung. Dulunya ini adalah makanan utama semua orang Madura, bukan nasi putih biasa. Hal ini dipengaruhi oleh produksi jagung yang sangat melimpah di Madura.

Di desa, orang membuat nasi jagung hanya dari jagung saja namun lama kelamaan jagung dicampur dengan nasi. Untuk membuat nasi ini, jagung dibiarkan hingga kering di pohon kemudian dijemur dan dipipil. Sebelum dimasak, jagung digiling terlebih dulu supaya menjadi serpihan yang lebih kecil.

Konsumsi nasi jagung di Madura sudah cenderung berkurang karena orang kini lebih memilih makan nasi biasa. Namun ada beberapa orang yang masih mengolah nasi jagung untuk dijual kembali biasanya di pasar atau dijual secara berkeliling.

Membuat nasi jagung sama persis dengan membuat nasi biasa yakni direbus dan dikukus secara tradisional. Biasanya nasi jagung disantap dnegan aneka lauk seperti ikan, sayuran dan lauk pelengkap.

Bahan 300 gr beras, cuci bersih 100 gr jagung kering 900 ml air Bahan terik tempe 250 gr tempe, potong-potong 2 lembar daun jeruk, buang tulangnya 2 lembar daun salam 1 sdt garam 1 ½ sdt gula merah sisir 350 ml santan 2 sdm minyak untuk menumis Bumbu halus 1 sdt ketumbar 5 butir bawang merah 3 siung bawang putih 3 butir kemiri, sangrai 1 cm lengkuas

Cara membuat

1. Nasi jagung : Didihkan air, masukkan beras dan jagung. Diamkan sampai air terserap. Angkat kemudian kukus 45 menit sampai matang;
2. Terik tempe : panaskan minyak. Tumis bumbu halus, daun jeruk dan daun salam sampai harum. Masukkan santan, garam dan gula merah. Masak sampai mendidih sambil diaduk. Tambahkan tempe. Masak sampai kental;

3. Sajikan nasi jagung dengan terik temped an sambal terasi.

0 komentar:

Posting Komentar

Top Ad 728x90